August 4, 2021

poemamusic.com

Info Seputar Entertaiment

Tips-Tips Memajukan Bisnis Ekspor Dan Impormu

Tips-Tips Memajukan Bisnis Ekspor Dan Impormu

https://www.jasaimportmurah.com/ – Bisnis ekspor-impor adalah salah satu industri yang tumbuh paling cepat dalam beberapa tahun terakhir. Memanfaatkan kemajuan internet, bisnis ekspor-impor semakin banyak diminati peminat bisnis setiap tahunnya. Tidak hanya menarik pemain besar, para pelaku usaha kecil dan menengah pun mulai berkecimpung di sektor industri ini.

Namun, bukan berarti teknologi canggih semakin memudahkan untuk mendapatkan keuntungan di industri ini. Banyak perusahaan ekspor-impor yang akhirnya bangkrut karena mengabaikan tren pasar atau isu politik internasional. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Kami memiliki lima tip sederhana bagi Anda untuk meningkatkan bisnis Anda.

Jalankan dalam waktu global
Banyak orang mengatakan bahwa menjalankan perusahaan ekspor-impor dari jam 9 sampai jam 5 tidak cukup. Saat Anda tidur, pelanggan Anda dari negara lain baru saja memulai aktivitas hariannya. Anda tidak perlu menjalankan perusahaan 24/7. Anda hanya perlu membuat strategi terbaik untuk melayani pelanggan Anda dari negara lain.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menjalankan bisnis atau mengelola alur kerja Anda di cloud. Misalnya, gunakan sistem inventaris yang memiliki fitur server cloud, atau gunakan perangkat lunak manajemen rantai pasokan untuk melacak pengiriman Anda dengan mudah.

Kedua, gunakan platform obrolan yang sama dengan vendor atau pelanggan Anda. Jika mereka berada di Cina, maka menginstal WeChat adalah suatu keharusan, Facebook Messenger untuk mereka yang tinggal di Amerika Serikat, LINE jika Anda memiliki pelanggan dari Korea Selatan dan WhatsApp untuk orang-orang di Asia Tenggara atau Eropa.

Anda akan memiliki komunikasi yang lebih baik dengan vendor atau pelanggan Anda dengan cara ini. Anda tidak perlu lagi email lama yang bagus. Bertukar foto dan file sekarang lebih mudah dengan aplikasi obrolan tersebut. Jika perlu, Anda dapat melakukan video call di mana saja dan kapan saja dengan mudah.

Pelajari budaya orang lain
Memahami jam aktif pelanggan atau vendor Anda hanyalah langkah pertama. Selanjutnya, Anda harus mempelajari budaya dalam vendor atau negara pelanggan Anda. Dengan melakukan ini, jalan menuju hubungan yang lebih panjang dan lebih baik dengan vendor Anda akan lebih lancar.

Misalnya, jika salah satu vendor Anda berasal dari Jepang, hindari jabat tangan dan membungkuklah dengan sopan atau bertukar kartu nama. Orang-orang di Jepang menganggap menatap mata sebagai tindakan agresif dan kasar, jadi ingatlah itu dan hindari menatap mata terlalu lama.

Bagi beberapa negara lain di Asia, kartu nama merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan tangan Anda menggunakan kedua tangan. Lakukan hal yang sama saat menerimanya dari orang lain. Jangan langsung memasukkannya ke saku atau dompet Anda, banyak orang Asia yang menganggapnya tidak sopan. Perhatikan baik-baik kartu nama yang Anda terima dan perlakukan dengan baik.

Kelola multi-mata uang
Sudah pasti Anda harus berurusan dengan banyak mata uang dalam bisnis ekspor-impor Anda karena vendor dan pelanggan Anda berasal dari berbagai negara. Namun, jangan batasi peluang bisnis Anda hanya dengan memproses transaksi dalam dolar AS.

Permudah pelanggan dan vendor Anda untuk berbisnis dengan Anda menggunakan mata uang mereka. Tapi, jika Anda tetap menjalankan bisnis secara manual, Anda akan tenggelam dalam spreadsheet atau dokumen. Anda memerlukan perangkat lunak yang memiliki fitur multi-mata uang untuk membuat transaksi lebih mudah dan cepat, seperti perangkat lunak pembelian HashMicro. Dengan fitur multi-mata uang, bekerja dengan vendor atau menyelesaikan transaksi dengan pelanggan akan berjalan lebih lancar.

Tingkatkan efisiensi bisnis ekspor-impor Anda
Menjalankan bisnis ekspor-impor menuntut Anda untuk bekerja dengan cepat. Setiap orderan harus diproses secepatnya, stock reordering harus dilakukan tepat waktu untuk menghindari overstock atau kehabisan stok. Itu hanya beberapa contoh tugas harian yang harus Anda lakukan yang akan memakan waktu lebih lama jika Anda melakukannya secara manual.

Itulah alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan sistem perangkat lunak untuk mengotomatiskan semua tugas tersebut. Dengan bantuan perangkat lunak, Anda dapat melakukan upaya ekstra untuk meningkatkan bisnis Anda daripada melakukan tugas yang berlebihan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan proses bisnis Anda, bukan sebaliknya.

Selalu periksa arus kas bisnis ekspor-impor Anda
Arus kas bisnis Anda harus menjadi perhatian utama Anda dari waktu ke waktu. Arus kas yang sehat menunjukkan bahwa bisnis Anda berjalan dengan baik dan tanpa hambatan berarti. Sebaliknya, arus kas negatif menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dalam operasi bisnis Anda dan membutuhkan perhatian segera Anda.

Pemilik bisnis harus memiliki akses yang lebih cepat ke arus kas bisnisnya. Melakukan hal itu akan memungkinkannya membuat keputusan terbaik di mana pun dan kapan pun. Itulah mengapa bisnis ekspor-impor membutuhkan software akuntansi dengan fitur penyimpanan cloud.

Dengan bantuan perangkat lunak, informasi arus kas dapat diakses langsung dari ponsel Anda. Kelola bisnis Anda secara fleksibel dengan bantuan perangkat lunak akuntansi.

Tips di atas tidak terlalu sulit untuk diterapkan. Tapi, memutuskan perangkat lunak terbaik untuk membantu Anda menjalankan perusahaan dengan lebih baik bukanlah keputusan yang mudah dibuat. Sebelum memutuskan, sebaiknya Anda mencari tahu perangkat lunak mana yang dapat mendukung operasi perusahaan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !